Wonwoo-ya…

image

Jujur, noona shock berat dan sumpah noona gak tau harus bereaksi apa saat pertama kali denger kabar ini. Kabar yang menyangkut ade kesayangan noona, Wonwoo. Sebagai seorang noona – noona akui, Wonwoo salah disini. Bagaimanapun kata-kata yang dulu Wonwoo sempat tulis saat ia masih kecil – memanglah salah. Tapi, hey.. setiap orang tentu pernah melakukan kesalahan di masa lalu bukan? Bahkan jika ia adalah seorang idol sekalipun. Tak ada manusia yang sempurna di dunia ini – termasuk Wonwoo. Tapi bukanlah yang terpenting adalah Wonwoo telah meminta maaf, menyadari kesalahannya, dan melakukan yang terbaik untuk tidak mengulangi kesalahannya di masa depan. Tidak kah itu cukup? Kesalahan itu, Wonwoo buat saat ia masih berusia 12 thn, saat ia masih tak mengerti apa itu kerja keras dan perjuangan menjadi seorang idol. Siapa yang menyangka pula bahwa ternyata di masa depan anak 12 thn ini ternyata menjadi seorang idol seperti sekarang. Dapat dikatakan ini adalah karma untuk Wonwoo. Tapi, hey berhentilah memaki, mengatai atau mengatakan hal yang buruk tentang Wonwoo. Wonwoo telah secara gentle mengutarakan permintaan maafnya melalui sebuah surat. Tidakkah itu cukup? Bahkan didalam suratnya Wonwoo mengatakan bahwa “ia akan membaca dan tak melupakan seluruh celaan tentang perbuatannya yang tidak dewasa” – fans mana yang tidak akan tertohok hatinya saat bias kesayangan secara langsung mengatakan bahwa ia tak akan melupakan seluruh celaan yang ditujukan terhadapnnya?
Bagaimanapun sebagai seorang fans, noona selalu ingin Wonwoo mendengar dan membaca serta menerima semua hal-hal yang baik tentangnya, bukan sebaliknya.

Meskipun noona ini bukanlah seorang Carats dan Noona pun tak bisa mengatakan bahwa noona adalah seorang Carats /karena pada kenyataannya noona adalah seorang EXO-L/ tapi, noona selalu berada disampingmu Wonwoo-ya, noona akan selalu mendukung mu apapun yang terjadi – setiap orang tentu tak pernah luput dari yang namanya Kesalahan, termasuk Wonwoo, karena kita sama-sama manusia. Yang terpenting sekarang adalah Wonwoo telah mengakui kesalahannya dan meminta maaf secara jantan. Noona suka kata-kata Wonwoo yang mengatakan bahwa “ia mengakui kesalahan, meminta maaf, dan menerima hukuman, bukannya mencari-cari alasan mengenai bagaimana aku melakukan kesalahan tersebut” – Itulah Wonwoo, Wonwoo yang noona kenal. Tetap semangat Wonwoo. Dan Jujur, noona juga gak habis pikir kok masih ada ya fans yang left fandom hanya karena masalah ini?astagaaa, sepertinya dia belum baca curhatan noona tentang fandom adalah rumah ya? Ck. Jika hanya karena ini saja kalian udah left fandom – apa kabar kalo ada berita yang lebih wow lagi? Ck. Dewasalah.. semua orang pasti pernah melakukan kesalahan, termasuk idol kita yang selalu kita Anggap sempurna. Ingatlah, tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini – termasuk bias kesayangan kita. Semangat Jeon Wonwoo. Noona akan selalu berada disini, mendukung mu selalu.. ❤ 사랑해, 화이팅!! 원우야~~

image

LeeHyunRa

image

Halo, ini Wonwoo

Pertama-tama, aku ingin meminta maaf kepada semua yang dirugikan karena masalah ini.

Aku menuliskan ini karena aku menilai bahwa yang seharusnya aku lakukan adalah mengakui kesalahan, meminta maaf, dan menerima hukuman, bukannya mencari-cari alasan mengenai bagaimana aku melakukan kesalahan tersebut saat aku masih kecil dan itu bukan sesuatu yang aku ingat.

Walaupun aku menuliskannya saat masih kecil, itu adalah sesuatu yang aku tulis. Aku sungguh meminta maaf kepada SNSD sunbaenim, para penggemar mereka,dan juga Carat.

Aku juga sungguh meminta maaf kepada para member yang telah bekerja keras untuk menjadi SEVENTEEN yang sekarang.

Kini saat aku memikirkannya lagi, saat itu aku sangat kekanak-kanakan.

Aku berpikir dengan enteng tentang mereka yang tampil di televisi, dan tidak berpikir bahwa kata-kata yang aku berikan bisa saja menyakiti seseorang.

Aku mengerti tentang beban yang dimiliki oleh orang-orang yang berdiri di atas panggung setelah aku menjadi murid SMP dan mulai berlatih untuk menjadi member SEVENTEEN.

Aku belajar mengenai arti dari berdiri di atas panggung setelah memahami perasaan orang-orang yang tampil dan memahami bagaimana sulitnya orang-orang yang bekerja untuk dapat membuat seorang berada di atas panggung, dan aku mulai memahami dan menghargai bagaimana hebatnya SNSD sunbaenim berdiri di atas sana.

Aku juga memahami bagaimana banyaknya tanggung jawab atas pekerjaan ini setelah merasakan cinta dari para penggemar, dan karena aku mulai menerima perhatian dari publik, aku mengerti pengaruh dan beban bahkan hanya dari satu komentar dan hati dari seseorang yang membacanya.

Karena itu, aku merefleksi diri dan menyesali perbuatanku. Aku tidak berani untuk meminta permohonan ampun; aku hanya ingin terus merefleksi perbuatanku dan meminta maaf kepada SNSD sunbaenim.

Bahkan ketika aku melihat kembali kata-kata yang aku tinggalkan tanpa berpikir panjang, hal itu adalah salah, dan tahu bahwa perbuatanku bisa menyakiti seseorang. Aku terlalu malu untuk mengangkat kepalaku, dengan hati yang dipenuhi rasa maaf menjadi beban di dalam diriku.

Aku akan bekerja keras untuk tidak kembali mengecewakan. Aku akan membaca dan tak melupakan seluruh celaan tentang perbuatanku yang tidak dewasa.

Aku harap kalian semua akan terus mengajarkanku.

Sekali lagi aku memohon maaf. Maafkan aku.

– Jeon Wonwoo –

Cr. Koreanindo
Indo trans by anisrina

Leave a Reply

