NCT (New Culture Technology) = The Future of SMRookies

Hi, semuanya!! adakah yang merindukan tulisan aku yang super gaje – tapi terkadang bisa bermanfaat ini? kkk. oke, kali ini aku mau bahas New Project SM Ent. yang baru 2 hari yang lalu mereka umumkan, apalagi kalo bukan NCT.

SM-NCT

Jujur, aku masih belum ngerti – sebenernya NCT ini nama project atau nama untuk boyband SM Ent selanjutnya. Pas aku pertama baca artikel tentang NCT ini, tentu aku seneng banget ^^ gimana enggak? akhirnya ade-ade kece nan badai di SMRookies bakalan debut juga!! setelah sekian lama penantian panjang ini. Tapi, pas aku baca keseluruhan artikel aku jadi rada shock dan masih gak ngerti sama rencana SM ini, gimana enggak? menurut kabar yang beredar, NCT ini terdiri atas 40 anak manusia, dimana 40 anak ini akan terbagi dalam beberapa unit (tolong koreksi kalo salah) dan unit yang ada ini bersifat tidak tetap, dimana akan ada kesempatan untuk member berganti unit yang mereka masuki. dan yang paling bikin aku shock, dimana disini juga disebut kalo member NCT ini jumlahnya tidak menentu? what???

Astagaaaa, sebenernya apa yang tengah direncanakan SM ent. untuk dede kece ku ini? -.- kenapa jumlah member mereka gak tentu?? why why why? tapi, sekeras apapun aku mencoba untuk menebak jalan pikiran SM, tapi aku tetep gak ngerti -.- Tapi, satu hal yang pasti, SM Ent. pasti gak akan mengecewakan kita bukan? jadi, marilah kita dengan sabar menunggu unit dari NCT ini muncul ke permukaan^^ btw, katanya unit pertama NCT ini bakalan debut di spring tahun ini ya??? wah, bentar lagi dong?? hohohoho

Tapi, seperti biasa akan ada selalu muncul pro dan contra atas pernyataan project SM ini. Dimana banyak yang mempertanyakan, mampukah SM mengatur 40 anak manusia dalam satu project, sementara saat ini SM dianggap tak mampu mengurus 12 member EXO – yang kini hanya tertinggal 9 member didepan mata (namun tetap 12 member dihati EXO-L)? heemm, jujur aku juga sedikit mempertanyakan sih, tapi balik lagi.. kita kembalikan saja semuanya pada SM Ent. (Hey,, tapi kenapa fandom dan grup kesayangan aku, dibawa-bawa ke NCT ini ya????)

Selain masalah mampukah SM mengurus dan memperlakukan 40 anggota secara adil, fans kpop pun mulai mempertanyakan bagaimana cara mereka menghapal dan memilih bias dari 40 member yang nantinya ada? astagaaaa, itu mah gampang atuh. Tinggal rajin-rajin aja nonton MV atau semua video yang berhubungan dengan NCT. Masalah bias, nanti juga dateng sendiri kok hohoho. Anggep aja kalian lagi belajar menghapal member EXO+Super Junior+Seventeen+ tambahan 2 member lagi. gampang kan? kalo kalian niat, tentu kalian akan mampu menghapal, membedakan 40 member yang ada.

Masalah selanjutnya. Banyak yang beranggapan jika kelak saat NCT debut, akan banyak fans EXO (EXO-L) yang beralih menjadi fans NCT?
>> Kalo menurut aku sih, itu terserah akan keyakinan dan pilihan fans itu sendiri. Akankah mereka move atau tetep stay with EXO. Bukankah, sudah terlalu biasa jika kita membicarakan masalah pindah fandom, atau apalah itu dan didunia kpop juga kita mengenal multifandom bukan. Masalah menjadi fans yang loyal dan setia selamanya pada sang idola,tentu itu adalah hal yang terbaik ^^ dan jujur, aku masih gak tau apa aku bisa menjadi fans yang setia seperti ini, mengingat banyak banget godaan yang datang silih berganti menghampiri.
Tapi sampai kapanpun, aku akan mencoba untuk setia pada EXO sebagai aegi mereka – EXO-L. yaaa, walaupun aku gak menampik kemungkinan kalo aku bakalan ngelirik-lirik sedikit NCT -3- secara disana ada Ten dan Taeyong, dua member yang udah berhasil merebut perhatian aku sejak EXO 90:2014. Tapi tenang aja, hati, pikiran, tabungan dan dompet aku masih milik EXO kok ^^

My Confession
Aku akui, aku bukanlah fans yang bener-bener setia pada satu fandom. Awal aku suka KPOP (2010), aku adalah seorang Hottest (Fans 2PM), karena saat itu aku suka banget sama Wooyoung oppa (efek drama Dream High), setelah aku mulai mengenal dunia per-kpopan dan SM entertainment, aku mulai suka dan beralih menjadi fans Super Junior (ELF). Aku menyukai Super Junior, karena aku salut akan perjuangan mereka sejak dulu hingga terkenal seperti sekarang dan tak lupa karena semua member Super Junior juga yang lucu, tampan dan kocak-kocak. Tapi, saat EXO muncul dengan MV yang menyeramkannya (Sebut saja MV MAMA) – aku pun mulai menggilai grup berangotakan 12 alien ini. dan terhitung sejak itu, aku menjadi seorang fans EXO. EXO-L. Apa aku terus berada disamping EXO setelah aku menggilai EXO? sayangnya enggak. Saat mendengar bias aku di EXO – Luhan, out dari EXO. Aku pun secara sengaja mencoba menghindar dari apapun yang berbau EXO, mencari grup lain sebagai pelarian dan mencoba menenangkan diri dalam grup itu – BTS. Tapi ternyata, pelarian memang selalu ada batas waktunya, entah mengapa aku selalu teringat rumah aku (EXO) saat mendengar lagu PETER PAN milik EXO, dan setelah pelarian cukup panjang itu akupun memutuskan kembali pada EXO. Karena aku percaya rumah aku hanyalah EXO. Rumah yang tidak hanya memberikan tawa dan suka cita namun terkadang airmata dan rasa perih pun harus kita terima dalam rumah itu. Mulai darisanalah, aku sadar.. sebanyak apapun EXO memberikan rasa sakit padaku (baik itu disengaja atau tidak), sampai kapanpun aku harus berada disamping EXO. Tumbuh, berkembang, terpuruk, bangkit, menangis dan tertawa bersama, bukankah itu arti dari We are One?
Meskipun aku gak menampik bahwa selama aku setia dengan EXO ini, terkadang aku suka ngelirik grup lain – sebut saja Seventeen, iKON dan SMRookies – tapi sekali lagi, itu hanyalah rasa tertarik sesaat. Karena aku tau, aku selalu punya satu tempat untuk kembali (EXO).
Mungkin, jika semua fans telah merasa bahwa ia memiliki satu rumah yang tepat, yang membuat mereka nyaman, sepertinya mereka tidak akan dengan mudahnya mengatakan bahwa mereka telah berganti fandom. Sekali lagi, fandom itu adalah sebuah keyakinan, pilihan dan kenyamanan. kita tak bisa memaksa,orang lain untuk hanya setia pada satu fandom. karena itu semua tergantung pada pilihan masing-masing.
Jika benar, nantinya banyak EXO-L yang beralih, tenang saja pasti nanti juga akan muncul EXO-L, EXO-L baru.. bukankah NCT juga adiknya EXO, jadi kayanya gak penting deh kalo kita mendebatkan fans NCT dan EXO ini. Bukankah, banyak juga kan Fans EXO sekarang yang dulunya adalah fans sunbaedeul EXO? sekali lagi, menjadi seorang fans sebuah idola, itu semua adalah tergantung pilihan kita.

CZ0F63nUkAAF0P7

BTW, ada yang udah liat teaser NCT yang “SM_NCT # 2. Synchronization of your dreams” kah? gilaaaa.. seperti yang udah aku duga, Taeyong ganteng^^ dan Ten, meskipun mukanya Ten ketutup sedikit, tapi it’s okay. teruskan aja Ten, biar gak ada yang sadar kalo kamu ganteng hehehe – Matanya Ten, demi apa bikin noona gak kuat XD

CZue9oGWYAAQ8q5CZ0F7MBUEAACeu0
Ohya, denger-denger ada rumor yang berhembus kalo katanya akan ada project duet antara EXO x NCT yaa? Wowww, kalo ini bener. aku seneng banget^^ bayangkan Sehun dan Taeyong dalam satu frame yang sama?? ohmygod!!! /aku pingsan/

CZ3SPVSW0AAGagi

So, selamat datang NCT!!

 

-LeeHyuRa

Advertisements

52 thoughts on “NCT (New Culture Technology) = The Future of SMRookies

  1. siti julaeha says:

    kok bisa sama sih kak??
    aku juga kayak gitu,dari suju ke exo ke bts ke seventeen ke nct dan ikon.meski aku udah ngerasain banyak rasa sakit saat menjadi exo dan mencoba berpaling tapi tetap di hati ku EXO masih tetep ada.:)

    • aniespur says:

      astagaaaaa,ternyata ada juga orang yang se-labil kaya aku hehehe tapi tetep,walaupun selingkuhan banyak.. hati tetep di EXO dan itu gak bisa diubah hehehe /makasih udah ninggalin jejak/

  2. isna says:

    kok bisa sama sih kak??
    aku juga kayak gitu,dari suju ke exo ke bts ke seventeen ke nct dan ikon.meski aku udah ngerasain banyak rasa sakit saat menjadi exo dan mencoba berpaling tapi tetap di hati ku EXO masih tetep ada.:)

  3. namadisamarkan says:

    Kalau 40 orang,emang SM punya trinee sebanyak itu??? Wkwkwkw
    Yg aku tau sih NTC membernya cuma Ten,Jaehyun,Taeyong,Mark,Dooyoung,Taeil wkwkwkwkwkkk

    • aniespur says:

      siapa yang tau, kalo SM emang punya 40 trainee yang berpotensi? kita tunggu aja. ohya, member NCT enggak cuma mereka ber-6 aja kok, masih ada member yang lain.

  4. chimchim says:

    Yup… yang kita rasakan sama author-nim. EXO adalah rumah yang nyaman juga bagiku.. Masalah fandom hanyalah sebuah kepercayaan. Author-nim joha ๐Ÿ™‚

    • aniespur says:

      astagaaaaa… ternyata ada juga yang sepemikiran sama aku, syukurlah :* EXO emang rumah buat EXO-L, sejauh-jauhnya kita melangkah – pasti ujung-ujungnya balik lagi ke EXO hehehe

  5. Anfani122 says:

    Setuju kalo fandom itu keyakinan.
    Bagaimanapun, aku juga sempat kecewa sama Kibum yang gk tau kabarnya gimana, tiba-tiba udah resmi out dari super junior tahun lalu.
    Aku juga sempat ngerasa bosen sama super junior dan beralih ke EXO. waktu itu aku inget banget kalo aku lagi nonton history terus liat Baekhyun sama Chanyeol. jadilah aku nge fans sama dia. Terus pas era wolf, aku jatuh cinta sama Luhan dan Kris jadilah aku punya empat cogan ๐Ÿ˜€
    Tapi pas denger Kris out, disitu langsung down. tapi aku berfikir kalau aku masih punya Luhan. eh ternyata gak lama setelah itu dia juga ikutan bersolo karir.
    Akhirnya aku bosen sama EXO dan beralih ke BTS tapi disitu aku cuma suka Jungkook doang dan gk ngikutin perkembangannya.
    Sampai saat ini aku suka Seventeen. (Jeonghan imut banget *_*) Dan sedang bingung mau multifandom atau tetap setia sama satu ajaa..
    Sampai akhirnya aku menemukan pencerahan dan akhirnya memilih untuk suka doang tapi gk jadi carat.
    Karena biar bagaimanapun, ELF yang udah jadi kehidupan ku Dan gk bisa ditinggalkan begitu saja.. begitupun Super Junior. mereka terlalu berharga buat aku dan ELF lainnya.
    Dan aku sadar, tempat kembali pulang hanya Super Junior dan teman”ku ELF.. ^_^

  6. Anfani122 says:

    Setuju kalo fandom itu keyakinan.
    Bagaimanapun, aku juga sempat kecewa sama Kibum yang gk tau kabarnya gimana, tiba-tiba udah resmi out dari super junior tahun lalu.
    Aku juga sempat ngerasa bosen sama super junior dan beralih ke EXO. waktu itu aku inget banget kalo aku lagi nonton history terus liat Baekhyun sama Chanyeol. jadilah aku nge fans sama dia. Terus pas era wolf, aku jatuh cinta sama Luhan dan Kris jadilah aku punya empat cogan ๐Ÿ˜€
    Tapi pas denger Kris out, disitu langsung down. tapi aku berfikir kalau aku masih punya Luhan. eh ternyata gak lama setelah itu dia juga ikutan bersolo karir.
    Akhirnya aku bosen sama EXO dan beralih ke BTS tapi disitu aku cuma suka Jungkook doang dan gk ngikutin perkembangannya.
    Sampai saat ini aku suka Seventeen. (Jeonghan imut banget *_*) Dan sedang bingung mau multifandom atau tetap setia sama satu ajaa..
    Sampai akhirnya aku menemukan pencerahan dan akhirnya memilih untuk suka doang tapi gk jadi carat.
    Karena biar bagaimanapun, ELF yang udah jadi kehidupan ku Dan gk bisa ditinggalkan begitu saja.. begitu juga Super Junior. mereka terlalu berharga buat aku dan ELF lainnya..
    Dan aku sadar, tempat kembali pulang hanya Super Junior dan teman”ku ELF.. ^_^

    • aniespur says:

      Chingu-ya, sama. Aku juga walaupun suka sama banyak idol, tapi aku cuma berani nyebut aku sebagai EXO-L, gak yang lain – hehehe
      Jujur ya, aku salut loh sama ELF – gimanapun, walaupun SJ udah punya 3 junior boyband yang gak kalah kece, tapi kalian tetep setia sama SJ – dan itu keren banget, dan menurut aku hal itu pasti sulit banget buat setia. Sekarang aja EXO baru punya 1 junior boyband – tapi udah banyak fans yang goyah, tapi kalian keren banget. salut untuk kalian, ELF.^^

  7. Xi Jihyun says:

    setuju banget chingu, ihh kok bisa gitu ya??? bisa dibilang dulu q gak pernah punya fendom, awalnya sih suka aja k-pop, tapi gak pernah ada yang masuk ke hati, pas lihat EXO, uhhh langsung deh q berani bilang kalau q EXO-L, EXO tu udah kaya rumah aja, rasa bosen sih ada, pelarian juga pernah, pas Luhan out sumpah sedih banget, stlah itu q pelarian ke bts, tpi ujung2nya balik lagi ke EXO. bosen lagi pelarian ke iKON, tpi nyatanya sekarang balik lagi ke EXO. EXO tuh ngena banget di hati, sedih,senang, terpuruk, janji deh bakalan di samping EXO terus.
    q tu paling gak suka biasin orang yg umurnya di bawah q, so kayaknya q gak bakalan nglirik NCT (peace), itu kalau membernya NCT gak ada yg umurnya diatas q, kalau ada lihat2 dulu deh,
    #96Line

    • aniespur says:

      ternyata ada juga yang kisahnya sama kaya aku, hiks #terharujadinya..
      emang se-selingkuh selingkuh nya kita sama idol lain, pasti ujung ujungnya balik lagi ke EXO ^^
      Eit, tapi NCT juga ada yang linenya diatas kamu saengi – ada yang 94line ampe 02line, tinggal pilih aja buat selingan bentar *eh /ditimpuk dan dibakar Sehun langsung hehehe/

  8. Aryani Lee says:

    gua jg gtu, awal suka kpop tuh pda tahun 2011, nah fandom aku itu BESTFRIEND (BOYFRIEND), mulai dri situlah gua mengenal dunia kpop, sampai akhir.y ada rumor kalau SM bakal debutkn BB bru yaitu EXO, aku mulai ngikutin perjalanan mreka sampai saat ini gua msh setia jdi EXO-L mski gua masih ngelirik BB lain yg bru debut, tpi it cuma sekedar ketertarikan doang, mski d tahun berikut.y bakal bnyk yg baru, tpi gua always setia kpda EXO, krna hati gua udah di penjara seumur hidup di hati mreka ๐Ÿ˜€

    • cahayamaya24 says:

      Ternyata banyak yg coment lou exo itu my sweet home!
      Aku setuju bgt sama admin!
      Aku dulu suka beast, tapi cuma sekedar suka. Setelah exo muncul aku gk mau ketinggalan info mereka, susah senang n sedih yg mereka rasakan itu ikut berdampak padaku mungkin slogan mereka we are one itu emang bener buatku walaupun 3 membernya uda keluar dan sama dgnmu admin peterpan pun selalu bikin aku teringat exo, lagu terfavorit. Exo itu juga unik dgn konsep dan suara membernya yg mudah kita bedain lou menurtku sih! Untuk nct yg sekrg uda debut, aku juga suka, mereka keren n mereka adik2 aku semua cute semua sama sperti exo, but tetap exo is no 1 in my heart.

      • aniespur says:

        Aku juga seneng, pas tau kalo banyak chingudeul yang merasa kalo EXO adalah rumah mereka๐Ÿ˜Š huahhhh, peluk satu-satu..๐Ÿ˜ฝ๐Ÿ˜ฝ

    • aniespur says:

      Yaps, aku juga gitu kok kkk. Membutuhkan sedikit waktu buat menemukan tempat yang tepat (read. EXO) – dan salam kenal, kita sama-sama EXO-L loh ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

  9. dewi eka ariyanti says:

    Kalo aku sih udah cinta banget sama exo.. apalagi chanyeol dan lagu2nya..
    Walupun kadang masih lirik sono sini ๐Ÿ˜‚ tapi. Dihati masih buat exo…
    Exo separuh nafasku:3 (dih aLAYnya:v)

    • aniespur says:

      Cieee, EXO separuh napas kkk. Mirip judul lagu – tapi sama sih aku juga gitu, sekecewa-kecewanya sama EXO – pasti ujung ujungnya balik lagi ke mereka๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‰

  10. Inaino says:

    iya loh klo udah nemu tempat yang tepat, rasanya gak bisa ganti. sempet ngerasa jadi EXO-L juga tapi ternyata balik lagi ke SONE ๐Ÿ˜€

  11. Nurul 27 says:

    Setuju sama mimin, meskipun sudah nyoba buat pindah hati dri EXO, , tpi ttep aja nggak bsa. Apapun yg trjadi sma EXO kdepannya, , aku bkalan ttep dukung.

  12. aisyahkim says:

    nyari biodata tentang johny yang keluar ini, ampuuun persis banget kaya aku. pertama suka k-pop tuh pas ada drama2 di indosiar, terus gak lama kenal sama suju bias aku dulu kyuhyun lho wkwk*gak ada yang nanya tp itu biasa, dan semenjak exo keluar aku jadi suka banget sama mereka, sumpah mereka tuh beda*awalnya๐Ÿ˜‚, pas kris, luhan, tao keluar yaampuuun( sedih:'( sempet pergi dari dunia k-pop dan fokus sekolah:’) (tenangin hati), abis itu ada web dramanya exo “exo next door” emang yah kalo udah nyaman susah buat pindah2, walaupun bisa di bilang aku mulfan tp jujur exo tetep pertama๐Ÿ˜‚โค

  13. YP says:

    Aku mau share nih. Jadi ceritanya aku ngefans exo itu telat. Pas aku mulai suka dan kenal exo, luhan sama kris udh keluar. Wktu awal dnger kris luhan keluar, aku biasa biasa aja krena ga terlalu tau soal exo. Pas udh mulai kenal exo dan nnton acara mereka yg masih ber12 kaya exo show time, aku langsung galau plus nyesel berat knp ga suka sma mereka dri dlu dulu pas mreka masih sama sama. Aku ngefans bngt sama luhan di saat dia udh kluar. Dan jujur aku kecewa, sedih atas keputusannya yg dlu buat out dri exo. Tapi aku cuma seorang fans yg gabisa brbuat bnyak selain ngedukung mereka. Trs pas udah nyoba ngerelain luhan aku nyoba untk trs stay d grup yg udh aku akui sebagai fandom ku, yaitu EXO-L. Ditengah jalan aku denger lagi kalo Tao juga out. Makin sakit hatiku. Aku kangen saat2 mereka sama sama. Trkadang aku ngearasa capek jd exoL karena semakin kesini semakin banyak ujian ujian yg menimpa. Tapi setiap kali aku ngeliat mereka di layar, denger lagu lagu mereka, aku sadar bahwa exoL lah rumah untuk kembali, rumah buat berdiri, rumah untuk saling mendukung. Dan sampe sekarang aku masih stay dan akan selalu stay d fandomku EXO L dan juga aku akan tetep menjadi fans setia luhan walaupun dia sudah bersolo karir. Pkoknya aku sering galau kalo denger lagu exo yg dont go sama peterpan.

    Duh maaf malah curhat. Gomawo chinguyaaa

    • aniespur says:

      Jujur, noona juga ngerasain apa yang kamu rasa /ciee, bahasa ku/ maksudnya, noona juga pernah ngerasa cape dan sempet mikir kok berat banget sih jadi fans EXO – harus berapa airmata lagi yang noona keluarkan demi mereka. tapi, ya sekali lagi – inilah ujian yang harus kita lalui. Dan untunglah, masih banyak EXO-L yang stay dan setia sama EXO.
      Wah, chingu-ya hebat masih bisa ngedukung Luhan – lah noona, walaupun bias noona dulu Luhan, tapi sampai sekarang noona belum bisa nerima dan mengerti keputusan luhan untuk out.. hemm /nah loh, kenapa noona jadi ikutan curhat colongan juga?/ hehehe – salam kenal ya..

  14. ParkJun says:

    Kak,aku itu asalnya EXO-L,tapi entah kenapa aku ngerasa bosen ke exo cuman gara2 waktu itu aku denger kalau sm ent. Klw ngelatih trainee-nya iru berlebihan *kok ga nyambung yah?*.sbg pelarian,aku beralih ke BTS jadi army…trus disitu aku gak bisa lupa sama EXO! Tapi aku juga tetep army…! Entah kenapa EXO itu aura ke fans-nya itu kuat banget hampir bisa di sebut ikatan batin…makanya aku gk bisa lupain EXO sampai skrng!?

    • aniespur says:

      Aura EXO emang berbahaya saengi-ya. Noona aja sekarang udah gak berani bilang kalo noona adalah fandom A atau fandom B – soalnya kan noona EXO-L. Ya, walaupun noona juga suka selingkuh kanan kiri – tapi ya gitu, noona tetep bilang kalo Noona EXO-L – tapi gpp kok jadi mulfandom juga, itu kan hak semua orang^^

  15. ptrindhh says:

    Waks… aku juga gitu pertama kenal kpop dri yg jdi sone ngebiasin tiffanykadang seo,jessica terus elf si kyuhyun terus exo-l gara2 liat majalah exo mama dri temen,aku mulai tergila2 sama baek. Iya bener juga aku jga sering lirik2 idol lain kayak bts,svt,rv,dan sempet ke nct juga:'(.waktu itu ngefans sama Ten&jaemin tapi nggak sampe berapa Bulan balik lagi ke Baekhyun,pernah kejadian juga gara” baekhyun sama taeyeon pacaran aku nyari pelampiasan sasarannya keluhan tapi baru 1 minggu tetep ngrasa kayak ada yg ganjel gtu,akhirnya aku nyadar rumahku diexo aku nyaman ngefans sma baekhyun skaligus berharap dan berusaha klo selamanya bakal jdi exo-l & Aeri~ no matter what

    • aniespur says:

      yes, aku juga sekarang sempat meragu sih T-T aku tuh sukanya apa, Seventeen or EXO – tapi, aku suka dua-duanya T-T tapi ya kalo disuruh milih, EXO masih no satu kok ^^

  16. tiwi says:

    Lah’ kok samaan, awalnya aku hottest, tp aku sukanya taecyeon gegara dreamhigh
    Terus pas udah kenal dunia perkpopan, aku mulai ngenal SM ent. Terus suka SUJU jd Elf, trus pas exo debut jd exol, trus tau bts, jd army, trus tau ikon, jd ikonic, dan skg tau nct jd nct fans pula

  17. rhina sherlilia says:

    sama kayak aku .. dulu fandom pertamakali hottest garaยฒ liat wooyoung sama taecyeon di Dh1 trus ngeliat suju jadi suka .. dan aku jadi mulfan elf dan hottest .. ngeliat infinite jadi suka dan lamaยฒ bosen sama 2pm pindah jadi elf-inspirit .. ketemu exo jadi bosan sama infinite pindah ke elf-exoL .. dan saat exo di masaยฒ yang bikin fans terguncang (?) ketemu bts-got7 .. sempat berfikiran apa aku pindah jadi elf-army/elf-got7 .. tapi saat dimana pengen ngelepas “nama” exoL susah banget begitupun saat pengen ngelepas “nama” elf.. aku suka begitu banyak idol grup korea tapi idol grup yang bisa bikin aku merasakan rasa kekeluargaan, kebahagian , kesedihan,kekecewaan cuma Super junior dan Exo .. dan aku gak suka klo di bilang mulfan tapi kenyataannya klo lebih dari satu kan emang multi *Aneh kan aku๐Ÿ˜‚
    makasih banget buat kakak author yang udah berbagi cerita tentang fandom-perfandoman (?) jadinya aku bisa ngungkapin pengalaman (?) selama jadi kpoper.. klo kata orang orang mah kpoper labil wkwk

    • aniespur says:

      “dan aku gak suka klo di bilang mulfan tapi kenyataannya klo lebih dari satu kan emang multi ” >> kok ini sama banget ya sama noona hehehe
      noona juga gak mau dibilang mulfan tapi da kenyataannya noona suka sama EXO plus Seventeen, jadi gimana atuh? hehehe – bukan kamu aja yang labil kok saengi, noona juga sama T-T abisnya pesona Seventeen sulit banget noona tolak T-T dan noona juga gak mau ninggalin EXO T-T

  18. aerii chan says:

    ..EXO tu punya pesona tersendiri, mcam magnet yg pnya daya tarik kuat. .wlaupun udh selingkuh sna sini sama boygrup lain, ttp aja gk ada yg bsa lpas dri jratnya exo.
    …bnyk bnget cobaan jdi exo-l, mlai dri pginya satu prsatu member, smpe dkatain fndom lain pun dilalui sma exo-l. .tpi itu gk bkin aku gyah buat ttp stay d exo.

  19. Cindy says:

    Hem..hy chingu, seketika aku nangis baca blog kamu, ini serius. Aku dulu juga ELF, aku benar2 tw perjuangan oppadeul SJ, karena temen akrabku juga SJ-holic bgt, tp wkt itu aku ngga terlalu kyk temanku. Semenjak EXO debut, ah jd baper…kamu tau biasku di EXO juga Luhan ๐Ÿ˜ฅ
    Sampai skrg aku masih benar2 terpukul, aku ngerti sm keputusan Luhan, tp di satu sisi aku juga sakit hati (ngga ngerti sakit hati krn apa, pokoknya klo liat EXO yang skrg OT9 rasanya pengen nangis. Tp seperti yg kamu bilang, kita tau jalan pulang. Aku nggak bisa nolak EXO, walaupun skrg aku kurang ngikutin mereka lagi. Btw lagu fav ku Don’t Go, dan itu selalu ngingetin aku sama Luhan sewaktu MV mereka pas Luhan sm Kris jd Kk adik Wolf. Alhamdulillah skrg ada NCT yg benar2 mengobati luka yg dulu, sekarang aku punya TY yang kuat, Ten dan Yuta si healing smile, Kun dan Winwin yg meneduhkan hati, dan adik2 NCT Dream yg bikin semangat.

    • aniespur says:

      astaga, kenapa nangis?
      tapi,emang bener loh out-nya Luhan emang berdampak banget sama fansnya EXO terutama luhan stan saat itu. sampai sekarang aja Noona masih belum bisa nerima sama keputusan Luhan – yang pleaseee, apa dia mengingat fansnya, saat mengambil keputusan itu ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
      kalo chingu punya NCT, Noona juga punya Seventeen – yang berhasil bikin Noona seneng dan semangat 45 hehehe

  20. Juchi17 says:

    Awal aku suka K-pop itu saat diliat.in kaka ku konser Sorry sorry Sj.Liat Yesung di konser itu sukaaaaa bnget..tpi setelah mengikuti perkembangan sj aku beralih jdi fans ny Heechul,karna Heechul akrab bnget sma Hangeng..Aku jdi suka juga sma Hangeng.Lalu pas denger Hangeng out,aku down..lalu aku mulai gak ngelirik2 Sj lgi..udah kecewa,sakit hati gua๐Ÿ˜ข.lalu aku mencari pelarian dgn suka Boyfriend,B1A4,Shinee,dll

    kemunculan EXO membawa dampak besar bagiku.Awalnya sih gak terlalu minat sma EXO,tpi karna aku cinta banget sma Chanbaek..jdi aku juga mulai suka EXO..sukaaaa bnget,lalu saat Berita Kris,Luhan sma Tao out, aku kembali kecewa,patah hati๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ Lalu kembali mencari pelarian & pilihan ku yaitu NCT.

    Bagiku rumah untuk pulang adalah boyband dari SMent,sebanyak apapun grup2 yg akn SMent debut kn..kita harus mencintai mereka..wlau kita hanya mencintai (misal EXO).Kita harus tetap mendukung adik2 EXO ( bagiku adik2 Sju,seperti Shinee,EXO,NCT )

  21. Ulpha Yeppeo says:

    hello kak
    kalo kakak baca review aku … jawab yh kak .. boleh tau acc twitter sama fb kakak??
    sekian .. ^^
    soal mulfan??
    jujur aku ngga nganut mulfan semenjak jatuh hati ama super junior .. awalnya aku jatuh hati ama OK Taecyeon jauh sebelum dreamhigh dan tambah cinta gegara drakor itu :* :*
    lalu aku melihat pertama kali wajah siwon di mv sorry sorry lalu drama heart beat bareng donghae ..
    aku mulai mengikuti super junior dan menilik kedekatan junior dan senior aku jatuh hati sama kepedulian Kangta kak ..
    dan terhitung sejak MV Sorry Sorry aku ELF ampe skarang ..
    dan skarang pun masih sama ELF .. aku suka Taeyeong NCT .. tapi saat ada Super Junior tetaplah Promise to Believe just for Super Junior .. salam kenall yahh min …

  22. Vira says:

    Min nama fandomnya NCT Dream apa ya?
    Klo saya sih awalnya suju terus wktu pas thn2011 pas debutnya exo langsung beralih ke exo dan sampai skrg alhamdullilah hati saya ttp exo. Tp baru2 ini saya mau nabahin BB fav lagi yaitu nctdream. Klo GBnya saya ttp snsd. Mian jd curhat ching ๐Ÿ˜€

  23. sekar says:

    Aku juga EXO L kak. Pertama aku kenal k pop ya di EXO. Bias pertamaku Kai gara gara lihat MV History. Lalu pindah ke Baekhyun habis itu ke bang Luhan. Sedih banget pas tau Luhan out dari EXO. Tapi apalah daya aku hanya Seorang fans. Aku ttp dukung keputusan Luhan oppa kok. Aku mulai mencari boyband baru dan aku jatuh cinta sama BTS terutama sama Taehyung., Aku pun jadi ARMY. Tapi kok aku sekarang jatuh cinta sama EXO lagi ya? Terutama sama Chanyeol. Susah sih ngelupain EXO. Tapi aku juga jatuh cinta di BTS. aKU BINGUNG aku itu ARMY atau EXO L.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s